Kamis, 18 Mei 2017

Tanya Jawab Hama Dan Penyakit Tanaman

HPME : TANYA JAWAB HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN , HAMA & PENYAKIT


Jual Pupuk Nasa Cabang Pare kediri Adalah informasi tentang pertanyan pertanyaan permasalahan pada tanaman dan solusinya dengan menggunakan produk Nasa:PENTANA,PESTONA,BVR,MELIKAT LEM,AERO 810,NATURAL GLIO.


  • KALAU UNTUK MENGHILANGKAN JAMUR PADA TANAMAN SALAK ,PAKAI APA, KARENA BUAHNYA SERING BUSUK ???...
    BUSUK BISA DISEBABKAN KURANG UNSUR K, terlalau banyak unsur N tanah masam dan kena jamur.coba terapi tanah dengan dolomit dan dikocor dengan KCI + POWER NUTRITION bisa di tambahkan Natural Glio.
    selain itu juga kebersihan dan kelembaban kebun dijaga.
  • BAGAIMAN APLIKASI GLIO PADA TANAMAN CABE,SEDANG PUPUK KANDANG SUDAH DITEBARKAN DAN INTERVALNYA BERAPA,TRIMA KASIH 
    Pemakaian Glio yang paling idial memang dicampur dengan pupuk kandang matang atau kompas ,1 pak GLIO 100 gr + 25-30 kg pukan tebarkan sebelum tanam atau masukan ke lubang tanam 1 genggam [ 200 gr] tetapi GLIO bisa juga dikocorkan bersama SUPERNASA atau disemprotkan 1 sendok makan GLIO ditambah 1 sendok gula pasir tiap 1-2 minggu sekali .
  • MAU TANYA KALAU LAYU DAN BUAHNYA KUNING TERUS RONTOK DIKENDALIKAN DENGAN OBAT APA PADA CABE ???....
    Melihat dari gejalanya disebabkan oleh jamur ,tapi jamur ini berkembang karena kelembaban tinggi karena curah hjan ,genaran air ataupun drainse yang buruk pemupukan urea yaang berlebih juga memacu perkembangan jamur,selain itu juga bisa karena kurang unsur kalium dan hormon ,ibu bisa pakai Natural Glio sejak awal sebagai tindakan pencegahan danjuga pemberian pupuk kalium ditambah POWER NUTRITION Atau SUPERNASA untuk memperkuat daya tahan tanaman .

  • CABE SAYA ADA MASALAH BATANG LAYU DI POTONG DALAMNYA BOLONG  ADA WARNA HITAM APA PENYAKITNYA DAN SOLUSINYA ???...
    Serangan jamur dan baksteri mempunyai tanda yang sangat mirip ,ada yang busuk kering dan basah sukar di bedakan dengan mata telanjang.potong saja sebagainan batang terserang dan masukan kedalam gelas berisi air bening ,amati gelas bila potongan tersebut keluar cairan keruh seperti awan berarti bakteri ,apa bila tetap jernih bberarti jamur.suolusinya pakai Natural Glio sejak tanaman dan ilangi tiap minggu sekali.
https://jualpupuknasacabagparekediri.blogspot.hk/

  • PENYAKIT BULE/ DAUN PUTIH PADA CABE APA OBATNYA ???....
    Penyakit bule di sebabkan oleh virus yang namanya gemini.virus gemini ini perkembanganya sangat cepat karena ditularkan oleh sektor atau oleh perantara yaitu kutu kubul [ Bemisia tabaci ] kita kendalikan vektornya dengan Metilat Lem dan PENTENA.
  • PAK APAKAH BISA DI ATASI TANAMAN CABE YANG KERITING PAKAI APA ,KARENA BENIH JELEK ,MOHON PETUNJUK ????......Cabai kriting disebabkan oleh virus Mozaik gemini [ bule ] .yang ditularkan lewat pentara kutu kebul [ bermesia tabaci] thrips atau tungau. kendalikan vektor perantaranya dengan PENTENA dan METILAT LEM .


    BAGAIMAN MENGENDALIKAN PATEK PADA CABE ???....
  • Patek atau busuk buah yang disebabkan jamur Antraknose kalu sudah kenak sulit diatasi karena penyebaran jamur cepat sekali apa lagi di dukung curah hujan drainase jelek ,ambil buah terserang dibuang dan musahkan ,kemudian semprot 1 sendok, GLIO dan  1 SENDOK GULA PASIR TIAP 5 HARI SEKALI .
  • TANAMAN CABE TERSERANG PUPUS MENGGUNING MENGGERING DI IKUTI BATANG MENYERANG ,PETANI MENYEBUT NA PENYAKIT KRAPAK .BGM PENCEGAHAN DAN PENGGENDALIAN ??..
    Penyakit ini disebabkan oleh serangan jamur .Gunakan Glio Untuk Antisipasinya..
  • CABE MERAH DAUNNAY KERITING CARA MENGATASINYA BAGAIMAN ???...
    Kriting Cabai merah bisa karena cuaca ekstrim dan juga karena kutu kutuan yang menghisap cairan daun daun pada pucuk [yang berpotensi membawa virus].
    semprotkan PETENA 4-5 tutup /tangki ,2x seminggu atau 3 hari sekali + sepertiga tutup aero /tangki.
  • SAYA  ADA KELUAHAAN DARI PETANI CABE YANG MENGGUNAKAN PUPUK MIKROBA dan PESTISIDA KIMIA .TANAMAN CABENYA SUDAH MULAI BERUBAH TAPI BANYAK SEKALI HAMA YANG TIDAK BISA DIKENDALIKAN SEHINGGA DAUNYA KUNING DAN KECIL KECIL APAKAH  DENGAN PESTISIDA DARI NASA MASIH BISA MENGATASINYA.SEDANGKANKAN PRODUK KIMIA PRODUK KIMIA TIDAK MEMPAN ??...TERUS PUPUK YANG DIPAKAI APA SAJA ???....
    Produk kimia belum tentu tentu tepat dan bisa mengatasi hama jika produk yang dipilih bukan spesifik untuk hama,produk nasa yang bisa untuk hama.produk nasa yang bisa untuk mengatasi permasalan cabe yang bapak utarakan adalah PESTENA dengan dosis 6-7 tutup per tangki dengan ulangan 3 hari sekalian hingga kutu tersebut hilang .sesekali bisa bapak  semprot dengan PESTONA  7-8 tutup agar..menghilangkan bekas kutu kutu tersebut.
  • SELAMAT PAGI,KALAU PADI UMUR 70 HARI ,DAN DARI AWAL BELUM PAKAI PRODUK NASA,TETAPI UMUR 70 HARI PETANI INGGIN PAKAI ANTI HAMA NASA UNTUK PENCEGAHAN SEPERTI KRESEK,ULAT,DLL PAKAI APA PAK ???...
    Pakai PESTONA + AERO 810 atau  BVR untuk pencegahan walang sanget,kepik,dll.
  • DENGAN PRODAK NASA MEMBERI SOLUSI PADA TANAMAN MENGUNING TRUS KERING ??.
    Melihat gejalanya disebabkan oleh penggerak batang padi,jika masih fase vegetatif [pertumbuhan ] gejalanya disebut sundep.batang padi di cabut mudah dan jika sudah terbentuk malai disebut beluk, malai hampa,gunakan NATURAL BVR sejak pembibitan ,kemudian semprot tiap minggu sekali setelah tanam dengan PESTONA dan BVR secara selang seling.
  • APAKAH GLIO MAMPU MENGGENDALIKAN ANTRAKNOSE SEDANGKAN ANTRAKNOSE MENYERANG DI ATA ????...
    Pangkal mulai serangan penyait awalnya dari tanah karena patogen atau penyebab penyakit hidupnya ditanah.karena percikan air hujan,anggin alat pertanian yang tidak stiril dan terbawa manusia dia bisa ke batang ,daun bahwa manusia dia bisa kebatang ,daun bahkan sampai buah .tetapi kalau sejak awal sebelum tanam ,tanah kita kelola dengan Natural Glio dan penyemprotan rutin tiap minggu sekali kemudian besar serangan jamur 50 % bisa dikurangi.
  • BAGAIMAN UNTUK MENGATASI BUSUK BUAH DAN PHYTIUM PADA MENTIMUN JEPANG ??.
    Busuk buah dan phytium disebabkan oleh jamur,sehingga pencegahan dilakukan sejak dini sebelum tanam dengan natural Glio + 1 pupuk kandang matang dan penyemprotan tiap minggu sekali dengan 1 sendok glio + 1 sendok gula pasir pertangki.
  • KALAU UNTUK PENGGULANGAN HAMA SUNDEP DAN KRESEK YANG BETUL BETUL PANEN APA DAN BAGAIMANA CARA APLIKASINYA ??...
    hama penyakit terus menerus berkembang dan sifatnya dinamis ,jadi monitoring sangat perlu terutama penggerak padi [sundep] dan beluk] sejak di pembibitan pakai BVR kemudian setelah tanaman tiap minggu sekali pakai BVR dan PESTONA secara selang seling sebagai penyegahan dan bila serangan diatas 15-20 % bisa disemprotkan pakai insektisida sistemik dicampur Pestona.
  • PAK UNTK PADI AWAL PERTUMBUHAN TANAMAN BAGUS ,TUMBUH DENGAN SUBUR TAPI SETELAH BERBUAH KENAPA PADINYA KELIHATAN JARANG ,UNTUK PRODUK dARI spr smp PWR sudah pakai ..
    pupuk hanya salah satu faktor keberhasilan tanaman,selain itu ada benih air, cahaya matahari  tanah dan hama, penyakit buah padi yang jarang bisa disebabkan kurang unsur kalium,unsur N berlebihan atau kena serangan hama .penyakit seperti wereng.penggerek batang atau walang sanget serta penyakit kresek atau hawar daun,kalu kenak hama tersebut bisa pakai pestona ,pentena atau BVR secara selang seling tiap minggu sekali dan penyakit bisa pakai natural glio sebagai penyegah .
  • Maaf pak untuk penggendalian hama keong mas pada padi pakai apa dan cara aplikasinya gimana paka ???...
    penggalaman mitra Nasa untuk keong padi padi pakai pestona bisa menekan perkembangan hama tersebut yaitu dengan cara disemprotkan dengan kondisi air macak macak selain itu juga dibuat alat dengan belahan bambu dipasang dilahan biasanya keong lebih suka bertelur dibambu kemudian tinggal ambil telur keong dan musnahkan.
  • Cara menganntisipasi padi yang kena hama merah ,padinya kayak terbakar itu ??
    Padi bapak kena jamur,sebaiknya dengan mengatur jarak tanam lebih besar dan anpisipasi dengan penocoran glio ,jika sudah terjadi serangan berat silahkan pakai fungisida kimia.
  • Untuk meggendalikan orong orong bisa pakai apa pak karena sekarang potong motong batang padi yang baru di tanam ??....
    orong orong bisa disemprot dengan pestona atau pentena dengan dosis sesuai dilebel di produk
    .
  • Pak bahan aktif dari NPA apa ???...
    Bahan aktif Pentena dari berbagai ekstrak tumbuhan yg menggandung minyak atsiri.
  • BVR DI CAMPUR AERO APA BISA ???..
    Janggan kena BVr makluk hidup sedang di aero ada perekatnya sehingga bisa menggangu aktivitas gerak dari jamur BVR.
  • Kalau Glio bisakah di campur Aero da Pentena ??...
    sebainya jangan  dicampur karena Glio adalah makluk hidup dari jamur yang mana akan berpengaruh pada gerak jamur glio Bila dicampur AERO atau pentena .

  • Pak produk nasa yang untuk obat jamur pada batang karet ada nggak ???...
    Pakai Natural glio yang berbahan aktif Cliocladium dan Trichoderma.
  • Untuk cabuk kecipir dan cabai apa obatnya untuk camur dan angrek ??..
    semprotkan pentana 1 tangki 3-5 ttp dalam 14 liter air ,untuk jamur siram glio + 1 sendok gula atau semprotkan 1 sendok makan glio + 1 sendok pasir pertangkai.
  • buah Padi putih kapas tidak berisi tapi daun dan batang hijau apa penyebabnya solusinya bagaiman sebelumnya dan sesudahnya trims ??..
    Bisa terlalu banyak N,kurang unsur K atau kena penggerek batang ,kalau baru terbentuk malai dan penuh ya dibiarkan saja sampai panen.
  • Semangat pagi pak.kemaren saya menyemprot walang sanget pakai BVR ,tapi udah 3 hari kok belum reaksi ,cuma daun padi yang kuning jadi hijau berapa lama bisa BVR nampak reaksi ,1 kotak saya gunakan 4 tangki.
    Bvr adalah makluk hidup dari jamur yang butuh proses dalam menyerang hama sasaran.hal ini sangat di penggarauhi oleh radiasi .hal ini sangat dipenggaruhi radiasi sinar matahari ,tingkat kekebalan hama,kelembaban ,secara normal BVR bisa berkecambah 2 jam setelah aplikasi dan mulai beraksi 2-3 hari sudah mulai terlihat gejala serangan dan 7 -10 hari hama sasaran udah mati karena ditumbuhi spora jamur BVR warna putih.
  • Pak Pisang /Jeruk Iasinya Keras ,apa Penyebabnya dan apa obatnya ???....
    Gejala tersebut disebabkan oleh bakteri dan untuk penyegahan pakai Glio.

  • Pada bibit sengon ujung terlihat putih seperti terbungkus cendawan ,mangkok dan perlahan menjadi kering ,pada akar terdapat benjolan benjolan bagaimana solusinya???...
    pada pembibitan sengon ,biasanya terkena penyakit dumping-0ff atau rebah semai yang disebabkan oleh phytium sp.phytoptora sp dan Rhizoctonia .biasanya gejalalodoh akar atau batang sedang pada akar yang benjol benjol disebabkan oleh jamur.ganoderma sp,atau ustilina sp,yang mana akar menjadi busuk.untuk mencegah dengan natural glio yang berbahan aktif gliocladium sp.dan Trichoderma sp.

  • Mohon info untuk mencegah karet tumor pada bibit sengon ,sekarang mau semai bibit salam sukses...serangan karet paru pada sengon ditandai dengan terjadinya pembengkalan [ galls]pada ranting/cabang .pucuk pucuk ranting .tangkai daun dan helaian daun.gall ini merupakan tubuh buah dari jamu penyakit karet paru dapat menjadi persoalan serius dalam penggelolaan tanaman sengon ,penyebaran penyakit ini sangat cepat.penyakit ini menyerang sengon mulai dari penrsemian sampai lapangan dan pada semua tingkat umur kerusakan serius bila serangan terjadi pada tanaman muda [umur 1-2 tahub ] karena titik titik serangan [gall ] bisa terjadi di batang utama sehingga batang utama rusak/ cacat ,tidak dapat menghasilkan pohong berkualitas batang yang tinggi ] penyebab penyakit karet paru yang menyerang tegakan sengon adalah jamur Uromycladium tepperianum,menyebabkan pembengkakan [ gall] yang menyolok pada dedaunan dan ranting pohon .Penyegahan Dan Penggendalian .
  • persemaian ,maka semai yang menunjukan kejala serangan harus egera dicabut dan dimusnahkan [dibakar
  • perlu penggawasan yang ketat tentang transportasi benih,bibit,dan kayu tebangan  dari daerah yang diketaui telah terserang kedaerah yang belum terserang .
  • pemeliharaan tanaman yang sudah ada [pemupukan dan penjarangan ]
  • upayakan menghilangkan gaal dan bagian tanaman yang terserang sedini mungkin,sebelum gall membesar dan warna coklat .langkah selanjutnya adalah :
  • matikan sel sel penyakit karat paru di bagian yang terserang agar tidak tumbuh gall lagi.. dengan spiritus,kapur ,garam ,dan belerang serta semprot natural glio.
  • menggurangi penambahan sengon untuk sementara ,terutama didaratan tinggi yang berkabut.lakukan rotasi tanaman dan pemulihan tanaman sangon.
  • Untuk penyakit pembibitan albasia putih putih dipucuk terus daun akhirnya pada rontok lalu mati pake apa cara penanggulangannya ???...
    putih putih dipucuk kemungkinan besar disebabkan hama kutu putih [Aleurodestrus sp] yang akan menghisap daun daun muda pada pembibitan sehingga daun jadi rontok pakai pentana yang khusus untuk jenis kutu.

  • sore hari mulai jam 15 rata rata disini slalu hujan .sekarang hujan walo rintik rintik kalau siag mah jarang hujan. ada advis waktu semprot lain tks.
    penyemprotan hama paling bagus sore atau malam hari ,misal sore hujan bisa dilakukan sepagi mungkin sebelum jam 7 pagi karena hama masih relatif bergerak dan belum sembunyi.

  • Di Nasa Yang cepat untuk  bunuh agnagkrang apa dan dosis berapa ??...
    bisa pakai PeSTONA dan PENTANA di tambah
    AERO 810 dosis sesuai anjuran yang ada di label produk.
  • Glio semprot atau kocor ,dosis gmana atau ada referensi lain ???...
    Glio bisa disemprotkan 1 sendok makan glio di campur 1 senddok gula pasir pertangi ,semprot merata tiap seinggu sekali .

  • Boleg Glio saya campur dengan NPK ??..[suwun ]
    Boleh aja karena NPK adalah pupuk .
  • Saya ada masalah besar di awal aku merintis jaringan ,data teknis: kebun Stroberry usia 9 bulan,sudah berbuah lokasi : kledung ,Wonosobo iklim ekstrim panas,Siang jam 4 sore kabut turun, malam : extra dinggin ,pokok malah embun UPAS dipagi hari Tan yang kena buah rusak ,mblonyoh spt mau busuk dan berair .apa dikarenakan virus ,bakteri jamur/ kada belerang yaang di bawa embun upas itu ??.. apa yang saya lakukan ,produk nasa apa yang dipakai ???....
    Melihat gejalanya disebabkan jamur ,apalagi didukung cuaca yang menudukung apa lagi berkabut sangat cocok sekali berkabut cocok sekali perkembangan jamur upasatau upasia salminicolor,solusi :setelah hujan rintik rintik atau ada kabut langsung semprot aja dengan air biasanya dan jangan lupa penyemprotan glio tiap minggu sekali rutin .


  • untuk menanggulangi ulat tanah kami bisa mengnakan furadan dicampur TSP dan urea untuk pupuk dasar ,apakah bisa dicampur dengan pop SPR pada tanaman timun.???...
    Bisa dicampur dengan SUPERNASA  + TPS + Urea bisa ditaburkan atau disiram atau dikocor untuk menghemat tenaga.

  • Saya daprt laporan dari mitra di palembang ,beliau punya kebun pisaang dan hampir 1 ha [110 btg] terkena serangan layu ,mohon sarannya...
    penyakit layu disebabkan kena jamur fasarium oxysporium [penyakit fusarium ] dan penyakit moko [layu bakteri ] yang disebabkan oleh ralstonia solanacearum .
    caranya penggendalian : pemilihan bibit yang sehat ,pemupukan dan pembumbunan rumpun saat awal musim hujan melakukan pindah taman ,sanitasi lingkungaan dan tidak membuang /rumpun ,alat pertanian yang bersih pembrongsongan buah pisang ,penggunaan agens hayati [ gliocladium sp.atau trichoderma.harsianum]
  • untuk meggendalikan gayas pakai apa boss ??..
    Gayas itu sejenis uret to boss ,siram aja pakai PESTONA + AERO 810 dosis lihat pada lebel .
  • saya punya jeruk umur 4 th buah kurang rontok daun kaku dan bercak hitam ,ada yang daunya kena kupu kupu kecil warna nya putin ,saya baru gabung di Nasa ,produk nasa apa yg perlu diberikan ke jeruk saya ???...
    melihat gejalanya jeruk bapak kena serangan kutu putih yang menghiapcairan daun dan kotoran dari kutu yang menimbulkan bercak hitam yang disebut penyakit embun jelaga,untuk menggatasinya bisa dilakukan pemangkasan daaun daun terserang semprot PESTOna  atau PENTANA atau BVR tiap minggu sekali lebih bagus PESTONA atau PESTONA di tambah dengan AERO 810 tetapi unyuk BVR jangan di campur AERO 810.
  • Semangat pagi pak , saya punya masalh pada taanaman kacang tanah pada umur 7 hari ada penyakit kutu di daun itu apa obatnya daan gimana caranya ???
    untuk kutu kutuan produk NASA dan bisa dipasang perangkap 
    METILATLEM.
  • Kalau hama untuk stroberry titing berem apa obatnya pak ???.Berem termasuk jenis kutu kutuan sehingga bisa dipakai PENTENA dan METILAT LEM .
  • UNTUK PENGGEMBANGAN GLIO APA BISA MENGGUNAKAN TANAH HALUS SEANDAINYA TIDAK ADA PUKAN ???..
    Perbanyakan Glio yangideal adalah dengan pupuk kandang matang atau kompas atau bisa di campur gula pasir sebagai media tumbuhnya.
  • Saya Punya Pepaya Batangnya Busuk Di Tenggah Sebabnya apa ??...
    Batang peyaya busuk disebabkan oleh jamur Fusarium dimana kalau sudah kena sulit dikendalikan .potong dan musnahkan batang busuk atur drainse.kelembaban kebun dijaga dan disebarkan natural glio yang telah dicampur pukan matang atau kompas disekitar pohon tiap 2-4 minggu sekali.
  • Kalu jamur pada pohon pepaya [daun dan batang ] bisa kah disemprot BVR ???...
    Kalau itu kena serangan jamur pakai Glio semprot 1 sendok Glio + 1 sendok gula pasir pertangki ,tetapi klu BVR itu jenis hama ,misal wereng,walang sangit penggerak batang dan kutu kutuan .

  • Tanaman kako yang terserang penyakit buah di dalam pada busuk bagaimana cara mengatasinya ?...
    Kakao terserang penyakit busuk buah [phythoro palmivora ] untuk penggendalian perlu melaksanakan konsep PsPSP [panen sering,pemangkasan ,sanitasi, dan pemupukan ] serta aplikasikan Glio untuk mencegah dengan cara mengocorkan pada piringan / bagian bawah tajuk .
  • Untuk penyakit layu PS dan layu bakteri pada tomat penyemprotan naturalglio berapa ram /liter ??...
    kocorkan glio dengan dosis lebih tinggi dengan ulangan lebih sering  2 sdm per 10 liter ,kocor 2 gelas melingkar di tanaman cabe/terong /tomat 1-2 minggu sekali .
  • Pisang di semprot supernasa kok mati ??..
    piasang tersebut bisa karena terkena serangan 1 ,penyakit darah Pd pisang atau 2 ] virus keduanya belum ada obatnya dan tidak mendadak gejalanya saat ini banyak daerah terkena penyakit ini kadang terbawa dari bibit atau air bukan karena SUPERNASA nya antisipasi dengan dolomit agar pH netral dan glio untuk pengobatan belum ada sebaiknya untuk pengobatan belum ada sebaiknya dimusnahkan saja yang sudah kena.
  • GLIO APA BISA DI SEMPROTKAN ???...
    Bisa meskipun lebih efektif jika di campur dengan pukan atau di kocorkan ke tanah .
  • Untuk mencegah hama ulat pada albasia [ sengon laut ] pakai apa ??.. dosis dan cara aplikasinya gimana ??...
    pencegahan bisa menggunakan BVR 1-2 sdm/tangki yg di semprotkan dibatang atau seluruh tanaman yang tumbuh dilahan sengon bapak ,dan untuk tanaman yang telah kena bisa disemprotkan kelangsung ke bagian lobanng atau tempat ulat terserbut pestona dengan takaran 7-8 pertangki perminggu.


    Pemesanan Produknya Bisa Hubungi distributor Resmi :
    RIDA/SUDJOKO
    ALAMAT :
    JLN.DIPONEGORO NO 25
    DS.PAGU DSN .KAUMAN
    RT.1 RW.1 KEC.PAGU
    KEDIRI JATIM
    NB .DARI RUMAH SAKIT AURASIFAA NOTOK KETIMUR.
    KONTAK KAMI :
    TLP/WA ; + 62 852 3127 1500
    WA : + 62 852 0203 3625

    FACEBOOK
    https://www.facebook.com/tokonasa.kangaroo.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar